CIRI-CIRI VIRUS

Ciri-ciri virus
Ilmu tentang Virus disebut Virologi. Virus (bahasa latin) = racun. Hampir semua virus dapat menimbulkan penyakit pada organisme lain. Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Istilah virus biasanya merujuk pada partikel-partikel yang menginfeksi sel-sel eukariota (organisme multisel dan banyak jenis organisme sel tunggal), sementara istilah bakteriofag atau fag digunakan untuk jenis yang menyerang jenis-jenis sel prokariota (bakteri dan organisme lain yang tidak berinti sel).
Virus hanya berkembangbiak di sel-sel hidup lain, dan hanya untuk memproduksi virus hanya memerluakan asam nukleat saja. Ciri lainnya, virus tidak dapat bergerak maupun melakukan aktivitas metabolisme sendiri, selain itu virus tidak dapat membelah diri. Virus tidak dapat di endapkan dengan sentrifigasi biasa, tetapi dapat di kristalkan. Pada umum nya bersifat parasit obligat.
Menurut para ahli biologi, virus merupakan peralihan antara mahluk hidup dan benda mati. Dikatakan peralihan karena virus mempunyai sebagian ciri-ciri mahluk hidup, yaitu dapat berkembangbiak, tetapi juga memiliki ciri benda tak hidup, yaitu dapat di kristalkan. Jika dibandingkan dengan mahluk hidup, virus mempunyai ciri tersendiri. Salah satu ciri virus mirip dengan tapi organisme parasit obligat, yaitu hanya dapat berkembangbiak dalam sel hidup. Akan tetapi, berbeda dengan organisme parasit, virus hanya memerlukan asam nukleat untuk bereproduksi dan tidak melakukan aktivitas metabolisme didalam tubuhnya. Ciri virus lainya adalah virus tidak bergerak, tidak membelah diri, tidak dapat di endapakan dengan sentrifugasi biasa, dan dapat dikristalkan.
Virus dikelompokan berdasarkan beberapa cara, yaitu berdasarkana organisme yang ditumpanginya (inang), juga biasa didasarkan pada bahan asam nukleatnya, dan cara terakhir ini sering digunakan dalam sistematik. Virus inang (virus hewan dan tumbuhan ) virus hewan (Rabies, Flu, Polio, HIV dan Campak) dan virus tumbuhan ( CVPD, Mosaik dan Tungro). Virus asam nukleat (Virus DNA dan Virus RNA / Retrovirus) Virus DNA ( CVPD, Flu, Rabies dan polio) dan virus RNA/ retrovirus (HIV dan hepatitis).

http://www.e-dukasi.net/mapok/mp_files/swf/f113.swf

4 thoughts on “CIRI-CIRI VIRUS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s