we are love math

Belajar matematika, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bermain game. Pada dasarnya matematika menyenangkan bagi semua orang. Hanya saja matematika ini memiliki banyak sekali level. Jika kita mendapati matematika tidak sesuai dengan level kita, maka kita tidak akan menyukainya.

Sama persis dengan main game. Jika seseorang bermain game dengan level yang tidak sesuai (terlalu sulit) maka orang tersebut tidak akan menyukainya. Untuk menyukainya seseorang harus bermain dari level awal, setelah menguasai maka dia bisa menaikkan levelnya, menuju ke level yang lebih sulit.

Nah, matematika memiliki banyak sekali level. Untuk mudahnya, anggap saja level ini sama dengan kelas yang ada di sekolah. Mulai dati kelas 1, kelas 2, kelas 3, …. dan seterusnya samapai kelas 12…. belum lagi tingkatan yang ada di perguruan tinggi. Jika seseorang kurang menguasai matematika di kelas tertentu, maka untuk kelas lanjutannya dia tidak akan bisa. Ini tentunya membuat orang tersebut semakin tidak suka dengan matematika. Semakin dia tidak suka, maka potensi yang digunakan untuk belajar matematika semakin kecil. Begitulah efek ini terus berlanjut dan saling mempengaruhi.

Jika seseorang tidak menguasai trigonometri yang ada di kelas 10, tentunya di kelas 11 dia semakin tidak bisa dengan trigonometri. semakin dia tidak bisa trigonemetri kelas 11 maka dia makin tidak menyukainya, dan efek berikutnya dia tidak mau mempelajarinya. Efek lanjutannya bisa ditebak, dia makain tidak menyukai trigonometri.

Nah bagi untuk mencegah supaya kita tidak benci matematika, mulai sekarang perbanyaklah latihan soal-soal matematika. Mulailah dari soal-soal yang mudah, dan saya sarankan 70% soal yang kita kerjakan adalah soal-soal yang mudah, supaya kita selalu merasa bisa. Anehnya kalau kita banyak latihan soal-soal yang mudah, maka soal yang sulit akan terasa mudah, karena pada dasarnya soal yang sulit adalah kumpulan dari berbagai soal-soal yang mudah.

Jika anda masih membenci matematika, luangkalah selama 90 hari untuk mengerjakan soal-soal matematika yang mudah, setiap hari 2 jam, jika tidak bisa 2 jam, 1 jam saja, jiika 1 jam tidak bisa, 1/2 jam juga boleh, yang penting anda lakukan setiap hari. Setelah 90 hari maka anda akan makin suka dengan matematika. Dengan semakin sukanya anda dengan matematika, maka anda makin ingin meluangkan waktu lagi untuk mempelajari matematika. Akibatnya kemampuan anda semakin meningkat. Setelah kemampuan anda meningkat, anda akan semakin suka dengan matematika.

Seringkali terjadi hal-hal yang sangat ironis. Ketik seorang siswa disuruh mengerjakan soal matemamatika, dia mengatakan, “ah, ini sudah bisa”. Akibatnya dia tidak mau mengerjakannya. Ketika gurunya memberikan soal yang lebih sulit, dia memengatakan,”wah kalau ini saya tidak bisa.” Karena tidak bisa, dia juga tidak mau mengerjakannya. Jadi maunya apa? soal mudah tidak mau mengerjakan, soal sulit juga tidak mau … Orang yang seperti itu pada intinya memang malas, dan inilah yang menyebabkan dia tidak bisa dan tidak suka matematika.

Untuk itu kerjakanlah soal yang sekiranya kamu bisa. Jika tidak bisa, pikirkanlah minimal 5 menit, atau mungkin 10 menit. Jika masih tidak bisa, carilah soal-soal lain yang lebih mudah, jangan lansgsung menyerah. Luangkan ini setiap hari 2 jam, maka dalam 90 hari anda akan menuai hasil, tanpa sadar nilai matematika kamu di sekolah akan semakin naik, kamu jadi suka dengan matematika, dan akhirnya kamua akan meluangkan waktu lebih banyak, dan semakin lama akan semakin bisa. Ini tentunya akan mempermudah cita-citamu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang kamu inginkan, 99% tes perguruan tinggi pasti ada matematikanya. Ok, selamat mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s